Minggu, 02 September 2012

Kurma (Phoenix Dactylifera)

Buah Kurma (palm dates) memiliki beberapa sebutan dalam bahasa arab, antara lain: Kimri (kurma mentah), Khalal (kurma yang padat dan kering), Rutab (kuma matang yang segar), Tamr (kurma matang dan telah dikeringkan), Ajwah (kurma yang hanya tumbuh di Madinah). Kurma merupakan buah, makanan, minuman, obat sekaligus manisan.

Ibnu Qoyyim menyebut bahwa kurma dapat menguatkan liver, sedangkan bagi yang sudah terbiasa mengkopnsumsinya dapat mencegah sembelit, meredakan radang tenggorokan, membunuh cacing. Hal ini dapat dibuktikan bahwa dalam kandungan kurma setidaknya ada unsur kalsium, zat besi, kalium, sulfur, mangan, seng, Vitamin A, Vitamin B1, vitamin B2, niasin, asam folat, vitamin C, glukosa, fruktosa, protein, lemak dan energi.

Kandungan tannin dalam kurma dapat dipergunakan sebagai zat pembersih dan memiliki efek adstringen pada permasalahan pencernaan. Ekstrak kurma yang diberikan dalam bentuk sirup, pasta dan metode meramu dengan cara yang lain dapat meredakan pilek, salesma bronchial dan meredakan demam. Kurma sejak lama telah dipergunakan sebagai penawar dalam masalah keracunan akibat alkohol.

Bagi penderita demam berdarah dapat mengambil 500 gr kurma yang dibuang bijinya lalu digerus halus (dapat dengan bvlender) dan dicampur dengan 5 gelas air putih. Juice kurma dapat diminumkan satu gelas setiap satu jam.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Referensi